BREAKING NEWS

RAC - Rancah Astronomy Club Kembali Menggelar Astrogazing

Photo : Captured by Alan Saumulandi R

RAC - Kamis, 19 Mei 2016 Rancah Astronomy Club (RAC) kembali menyelenggarakan acara Astrogazing di Pasirnangoh - Rancah - Ciamis - Jawa Barat. Masyarakat dan pelajar sangat antusias dalam acara ini.

Lazimnya, para pecinta Astronomi sudah mengetahui istilah "Astrogazing". Astrogazing merupakan kegiatan mengamati atau meneliti objek-objek langit dengan waktu yang cukup.

Founder & Leader of RAC yakni Alan Saumulandi Rosan, mengajak masyarakat dan pelajar setempat untuk mengamati objek langit dengan teleskop refraktor buatannya, dimana bulan berada pada fase "Waxing Gibbous" dengan illuminated 95% pada malam ini.

" Ya, pada malam ini, saya mengajak masyarakat dan pelajar setempat untuk mengamati objek-objek langit, terutama bulan dengan fase waxing gibbous pada malam ini. Berbekal teleskop refraktor sederhana buatanku ini, semoga masyarakat dapat antusias" ujarnya.

Adapun teleskop yang digunakan adalah teleskop jenis refraktor, hasil rakitannya. Teleskop tersebut bernama LAN-16042016.

Selain mengamati bulan, mereka mengamati objek lainnya seperti (Planet :  Jupiter & Mars) ; (Bintang : Spica, Arcturus, Sirius, Hadar, Rigel Kent, Canopus, Betelgeuse, dan Procyon). 

Berbeda dengan pengamatan terhadap bulan, pengamatan pada objek-objek langit lainnya terlihat kecil, hampir menyerupai titik di langit. Hal ini, karena instrumen teleskop sederhana dengan magnifikasi teleskop hanya sebesar 4x.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANCAH ASTRONOMY CLUB Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.